www.bankkamu.blogspot.com

blog ini khusus untuk menyimpan artikel artikel dan bisnis terutama bisnis yang berbasis on line di dunia maya internet.mohon maaf jika masih banyak kekurangan baik dari segi artistik blog dan isi jauh dari sempurna.kami masih banyak butuh bimbingan dan arahan serta kritikan yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan blog kami ini.trima kasih telah mau berkunjung di rumah kami ini...www.bankkamu.blogspot.com.

Jumat, 17 Desember 2010

7 LANGKAH MENJADI KAYA

BERDAYAKAN PIKIRAN

Perbedaan orang kaya dan orang miskin adalah cara mendayagunakan pikiran dalam mengatasi keterbatasan financial. Ketika pendapatan kita lebih kecil dibandingkan dengan pengeluaran kita, pada orang miskin akan berusaha keras menekan pengeluaran.

Misalnya jika pendapatan kita perbulan adalah Rp. 300.000 perbulan, sedangkan pengeluaran kita misalnya Rp.350.000 perbulan, maka orang miskin akan menahan diri hingga pengeluarannya tinggal Rp.300.000.

Sedangkan orang kaya, akan berusaha mencari pendapatan Rp.500.000 perbulan, agar bias menutupi pengeluaran perbulan sebanyak Misalnya Rp. 350.000, maka orang kaya masih memiliki sisa uang Rp.150.000 lagi untuk ditabung atau diinvestasikan.

Jadi , orang kaya memiliki visi keuangan jangka panjang dan jangka pendek. Sejak awal orang kaya sudah menghitung dan mempersiapkan kebutuhan finansialnya.
JANGAN BEKERJA UNTUK UANG

Orang miskin umumnya dihantui oleh ketakutan, jangan-jangan ia bakal kehabisan uang pada bulan ini. Ia berfikir, makin lama dan makin keras ia bekerja, gaji dan uang lembur yang ia terima bias memberikan rasa aman. Kenyataannya, makin banyak waktu yang harus ia curahkan, sehingga ia tak lagi punya waktu untuk keluarga dan memikirkan peluang lain untuk menghasilkan uang.

Sedangkan orang kaya yakin, uang dan kekayaan bias dating dari berbagai sumber, asalkan ia bias mendayagunakan pikirannya.
MELEK SECARA FINANSIAL

Menurut Ligwina Hananto, MBA, Sebagai ibu atau istri, kita memang harus mampu mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Sayangnya, banyak dari kita yang mengambil cara pengelolaan hanya sebatas menutupi pengeluaran.

Langkah awal yang dapat kita lakuakan :

Belajar mendokumentasi, membaca dan memahami setiap perjanjian yang berhubungan dengan masalah financial. Misal:memahami hitungan-hitungan tagihan rekening listrik, internet, pulsa, kebutuhan dapur DLL.

Langkah kedua :

Mulai mempelajari resiko dan potensi keuntungan dari berbagai jenis produk investasi, seperti : pajak, obligasi DLL.
KEMBANGKAN ASET

Kekayaan adalah selisih antara asset (harta/investasi) dan utang. Makin besar asset, makin besar pula kekayaan Anda. Tapi tidak semua asset bias menambah kekayaan. Aset yang bersifat konsumtif (pakaian, motor, mobil,sepeda) yang digunakan Anda sehari-hari, tidak bisa mendatangkan kekayaan. Hanya asset aktif yang dapat member perputaran uang bulanan.

Aset aktif menurut Robert dibagi menjadi :

Bisnis : Didapat dari keuntungan.

Prpperti : Misalnya mendapatkan pendapatan dari uang sewa bangunan.

Surat berharga : Misalnya deposito.
KURANGI UTANG
KELOLA PENDAPATAN TAMBAHAN

Orang yang berfikir kaya akan disiplin atas pengeluarannya, mematuhi anggaran yang sudah dibuat sebelumnya. Meskipun mendapat pendapatan tambahan, ia tidak akan ceroboh membelanjakan pendapatan itu sekarang.
AJARKAN ANAK

Nilai-nilai tentang uang yang anda tanamkan pada anak, akan membentuk pola piker anak tentang kekayaan. Anak-anak harus dilatih memprioritaskan kebutuhan. Bila anak menginginkan sesuatu, ajari anak bersabar untuk mendapatkannya.

Menurut apa yang diajarkan orang tuaku sih, kalo pengen sesuatu harus berusaha sendiri bagaimana caranya, mau beli HP? Ya nabung dari uang saku, jadi tidak begitu dimudahkan oleh orang tua ketika ingin meminta sesuatu.

Biasakan pula rajin menabung, jadi sekaligus menanamkan pada diri anak, bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan ga asal minta ke ortu, tapi harus disiplin menyisihkan dari uang jajan. [Merangkak, Berdiri, Berjalan, Berlari….]

Tidak ada komentar: