www.bankkamu.blogspot.com

blog ini khusus untuk menyimpan artikel artikel dan bisnis terutama bisnis yang berbasis on line di dunia maya internet.mohon maaf jika masih banyak kekurangan baik dari segi artistik blog dan isi jauh dari sempurna.kami masih banyak butuh bimbingan dan arahan serta kritikan yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan blog kami ini.trima kasih telah mau berkunjung di rumah kami ini...www.bankkamu.blogspot.com.

Jumat, 03 Desember 2010

dampak facebook di kehidupan kita

Saat ini, kehidupan dari sebagian besar orang di dunia tidak lepas dari penggunaan Facebook. Baik para remaja, pelajar sekolah, bahkan para pelaku bisnis pun semuanya memanfaatkan teknologi yang satu ini.

Facebook adalah salah satu jenis jejaring sosial di dunia maya yang sudah marak beberapa tahun belakangan ini. Dengan segala kelebihan fiturnya, ia mampu menggeser jejaring sosial lain yang juga sempat populer di dunia maya, contohnya Friendster.

Karena kelebihan dari segi fitur inilah, banyak orang kemudian berbondong-bondong mendaftar dan menjadi member di Facebook. Sampai saat ini, penggunaan Facebook terus berkembang, bahkan mulai banyak jejaring sosial yang meniru-niru fitur Facebook. Jejaring sosial terdahulu seperti Friendster pun, mulai mengikuti jejak Facebook dengan menambah fitur “update status”.


Dampak Penggunaan Facebook

Jejaring sosial Facebook ternyata memiliki dampak tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Selain memiliki manfaat, penggunaan Facebook pun bisa menimbulkan pengaruh buruk, terutama bagi Anda yang sudah ketagihan atau kecanduan Facebook.


Dampak positif penggunaan Facebook

Facebook bisa meningkatkan perkembangan sosialisasi Anda, baik dengan teman maupun keluarga. Komunikasi pun tidak akan terputus dan selalu terjalin walau hanya lewat dunia maya.
Anda bisa menambah banyak teman baru dari Facebook, berkenalan dan berteman dengan orang asing yang belum pernah Anda kenal.
Penggunaan Facebook bisa membuat Anda selalu “up to date” tentang info-info terbaru. Selain karena Facebook memiliki fitur untuk memberitahukan suatu berita, kemungkinan untuk mendapatkan informasi bisa terbuka lebih lebar apabila Anda memiliki daftar pertemanan yang cukup banyak.

Misalnya, Anda membutuhkan informasi tentang sekolah di luar negeri, Anda bisa bertanya pada teman-teman Facebook atau bahkan mencari informasi langsung dari situs Facebook tersebut.
Pengaruh positif penggunaan Facebook juga bisa dilihat dari salah satu fitur “group”, ini bisa dijadikan sebagai tempat berdiskusi bagi suatu komunitas tertentu.
Anda tentu pernah mendengar tentang jual beli online. Ya, Facebook bisa menjadi sarana atau media untuk melakukan transaksi jual beli. Tak hanya para pebisnis yang sudah berpengalaman, tapi siapapun bisa menjual atau membeli sesuatu lewat Facebook.
Tak hanya untuk transaksi jual beli secara langsung, tapi Facebook juga bisa menjadi media promosi yang bagus, karena bisa hemat biaya dan cakupan promosinya bisa sangat luas.


Dampak negatif penggunaan Facebook

Walaupun sangat baik untuk perkembangan sosialisasi, namun orang yang kecanduan Facebook bisa menjadi seorang penyendiri yang akan tidak peduli dengan orang-orang sekitar.
Karena tidak peduli dengan orang-orang sekitar, seseorang yang sudah ketagihan Facebook bisa saja akan dijauhi teman-temannya. Ini merupakan hal yang tidak bagus dan bisa berdampak pada mental/kejiwaan seseorang.
Penggunaan Facebook yang terus-menerus bisa membuat seseorang lupa waktu. Bagi pelajar, prestasinya bisa menurun. Bagi seorang pekerja, pekerjaannya tentu tidak akan maksimal. Tak hanya itu, bila Anda sudah ketagihan Facebook, Anda pun bisa lupa untuk beribadah.
Facebook bisa merenggangkan silaturahmi secara langsung. Karena Facebook, orang lebih memilih menyapa, mengobrol, atau menyampaikan sesuatu lewat jejaring sosial ini daripada bertemu langsung dengan orang tersebut.
Tak sedikit rumah tangga yang berselisih bahkan terjadi perpecahan hanya karena salah satu pasangannya selalu menyibukkan diri dengan Facebook. Beberapa kasus malah menyebutkan bahwa Facebook bisa menjadi sarana perselingkuhan yang bisa membuat rumah tangga berantakan.

Itulah beberapa dampak penggunaan Facebook dalam kehidupan kita. Ada banyak hal positif maupun negatif yang bisa kita dapatkan dari jejaring sosial yang satu ini. Gunakan Facebook secara bijak, ambil manfaatnya dan buang jauh segala pengaruh buruk Facebook.

Tidak ada komentar: