www.bankkamu.blogspot.com

blog ini khusus untuk menyimpan artikel artikel dan bisnis terutama bisnis yang berbasis on line di dunia maya internet.mohon maaf jika masih banyak kekurangan baik dari segi artistik blog dan isi jauh dari sempurna.kami masih banyak butuh bimbingan dan arahan serta kritikan yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan blog kami ini.trima kasih telah mau berkunjung di rumah kami ini...www.bankkamu.blogspot.com.

Jumat, 17 Desember 2010

Wikileaks, antara pujian dan kontroversial

Sesuai dengan namanya, Wikileaks, maka situs yang beralamat di http://wikileaks.org ini memang seringkali menyampaikan banyak informasi melalui media internet yang untuk sebagian pihak menganggap seharusnya dirahasiakan. Bahkan mungkin untuk badan intelijen di banyak negara, Wikileaks adalah sesuatu yang harus dihadapi dengan penuh kewaspadaan. Baru-baru ini situs Wikileaks telah mempublikasikan sejumlah dokumen rahasia dari beberapa kedutaan AS di luar negeri. Bulan lalu Wikileaks juga mempublikasikan ratusan ribu dokumen rahasia tentang perang di Afghanistan dan Irak.

WIKILEAKS UNGKAP SIFAT PEMIMPIN DUNIA

Sifat sejumlah pemimpin dunia terungkap dari dokumen yang dibocorkan Wikileaks. Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi disebut diplomat Amerika Serikat sebagai orang "yang lemah, angkuh dan tidak efektif sebagai pemimpin modern Eropa".

Tahun 2008, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow melukiskan Presiden Dmitry Medvedev sebagai "Robin untuk Batman". Ungkapan ini merujuk ke Perdana Menteri Vladimir Putin orang kuat Rusia yang digambarkan sebagai Batman. Kabel diplomatik dari Kedutaan Besar AS itu juga berkomentar mengenai kedekatan hubungan antara Berlusconi dengan Putin.

Komentar bocoran dari Kedutaan Besar AS itu juga menyebutkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il sebagai "pemimpin tua yang lembek" yang menderita stroke. Sedangkan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dirujuk sebagai "Hitler".

Dalam dokumen yang dibocorkan Wikileaks disebutkan Menteri Kerja Sama Internasional Afrika Selatan menyebut Presiden Zimbabe Mugabe sebagai "orang tua gila". Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dikatakan orang yang kurus dan otoriter. Sedangkan Kanselir Jerman Angela Merkel dilukiskan orang yang ingin "menghindari risiko dan jarang kreatif". Bahkan Presiden Afghanistan Hamid Karzai juga digambarkan diplomat Amerika "sangat lemah". Sementara Kolonel Muammar Khadafi dari Libya selalu melakukan perjalanan dengan perawat Ukraina "berambut pirang yang montok".

Para pejabat Amerika Serikat tidak mengungkapkan sumber dari kebocoran itu namun kecurigaan diarahkan ke Bradley Manning, mantan agen intelijen militer yang ditangkap setelah video serangan terhadap wartawan di Irak disiarkan.

Wikileaks menjadi kontroversi sejak berdiri

Situs pembocor rahasia Wikileaks kini kembali menjadi pusat perhatian dunia. Pemuatan seperangkat dokumen tentang kebijakan luar negeri Amerika Serikat tampaknya lebih menggemparkan dibanding dokumen tentang Afghanistan dan Irak.

Bulan lalu, Wikileaks memuat sekitar 400.000 dokumen tentang rincian peristiwa Irak setelah invasi 2003, sebulan setelah terungkapnya 90.000 dokumen yang mencatat insiden militer dan laporan intelijen tentang perang di Afghanistan. Rangkaian dokumen-dokumen itu makin meningkatkan pamor Wikileaks dan sekaligus pula mengangkat kembali kontroversi atas situs internet ini.

Sebelumnya, pada 2009, Wikileaks memuat nama dan alamat dari anggota Partai Nasionalis Inggris, BNP -yang dituduh sebagai partai rasialis. Begitu juga pada masa pemilihan presiden Amerika Serikat 2008, Wikileaks menjadi berita karena memuat tayangan kotak surat elektronik dan daftar alamat dari calon presiden Sarah Palin.

Dibayangi kontroversi

Wikileaks sebenarnya sudah memancing kontroversi ketika pertama kali muncul di dunia maya pada tahun 2006 dan terlibat dalam berbagai gugatan hukum. Sebagian orang memujinya sebagai masa depan jurnalisme investigasi namun sebagian lain menganggapnya sebagai risiko. Kontroversi itu terus membayangi Wikileaks, khususya setelah sejumlah dokumen rahasia milik negara juga diungkapkan oleh situs itu.

Pertengahan Maret 2010, pendiri Wikileaks, Julian Assange, sebuah dokumen milik dinas intelijen Amerika Serikat yang mempertimbangkan Wikileaks sebagai "ancaman bagi tentara Amerika Serikat." Pemerintah AS kemudian membenarkan kepada BBC bahwa dokumen yang menganggap Wikileaks sebagai ancaman adalah asli.

Dan Wikileaks kini mengaku sudah memuat lebih dari satu juta dokumen. Setiap orang boleh mengirimkan informasi ke Wikileaks tanpa harus menyebutkan nama, namun ada sebuah tim yang terdiri dari para sukarelawan berupa wartawan dan staf Wikileaks sendiri yang memutuskan apakah dokumen itu layak dimuat atau tidak di situs mereka. "Kami menggunakan teknik kriptografi yang canggih dan juga secara hukum untuk melindungi sumber kami," kata Assange kepada BBC dalam sebuah wawancara Februari lalu.

Wikileaks secara resmi beroperasi di bawah organisasi yang diberi nama Sunshine Press dan mengaku mendapat dana dari para pegiat hak asasi manusia, wartawan investigatif, ahli teknologi, dan khalayak umum.

Tidak ada komentar: